Transportasi Menuju Gunung Andong Yang Ramah untuk Pendaki Pemula






suaraid-Gunung Andong merupakan gunung yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk pendakian umum dibuka sejak tahun 2010, Namun gunung ini menjadi Primadona para pendaki sejak tahun 2012.
Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini memiliki banyak bonus untuk memanjakan para pendaki. Mulai dari pemandangan yang tersaji, jalur pendakian yang aduhai dan ramah pendaki pemula, hingga adanya warung serta sinyal internet 4G di puncak gunung.

Maka tak berlebihan bila Gunung Andong pantas disebut sebagai gunung bintang lima di Jawa. Selain itu, waktu tempuh pendakian Gunung Andong tergolong cukup cepat: 1,5 jam hingga dua jam. Terdapat enam basecamp sebagai titik mula pendakian Gunung Andong: Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik, dan Dusun Temu di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Serta dua lainnya di Dusun Kudusan dan Dusun Sekararum Kembangan, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.
Namun, dari enam basecamp tersebut, basecamp Taruna Jaya Giri via Dusun Sawit lebih populer.
Berikut panduan transportsi umum jika para pendaki ingin mendaki gunung Andong melalui basecamp Taruna Jaya Giri via Dusun Sawit
  1. Dari Yogyakarta dan Jakarta
Jika datang dari Jakarta, kamu bisa menggunakan kereta tujuan Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta.Kemu dian naik transportasi umum atau menyewa jasa ojek untuk menuju Terminal Jombor.Dari sana, pilihlah bus tujuan Yogyakarta-Semarang yang pastinya melewati Magelang.Tarifnya cukup terjangkau, Rp 10 ribu untuk bus ekonomi tanpa AC dan Rp 15 ribu untuk bus Patas AC.

Namun, Apabila dari Jakarta ingin menggunakan bus, sebaiknya pilihlah bus dengan tujuan langsung Terminal Magelang.
 Dari Terminal Hatta Magelang, pendaki masih harus menggunakan moda transportasi lain untuk menuju basecamp Gunung Andong yang berada di Kecamatan Ngablak.
Pertama, kamu bisa menggunakan minibus ukuran 3/4 jurusan Magelang-Salatiga dengan tarif Rp 15 ribu., namun bus jurusan Magelang-Salatiga hanya beroperasi hingga pukul 17.00 WIB. Setelah itu, mintalah pada kondektur untuk turun di Pasar Ngablak.
Dari Pasar Ngablak menuju basecamp Taruna Jaya Giri yang berjarak sekitar 2,8 km, bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki selama 37 menit atau menggunakan ojek sepeda motor. Jika kamu tidak mau repot, bisa menyewa jasa ojek sepeda motor atau mobil dari Terminal Magelang langsung menuju basecamp Gunung Andong
Rute yang sama juga berlaku bagi mereka yang berangkat dari Yogyakarta, Purwokerto, atau Bandung via Terminal Magelang.
  1. Dari Semarang dan Jakarta
Bila turun di Stasiun Tugu atau Lempuyangan, Yogyakarta dirasa terlalu jauh bagi pendaki dari Jakarta, kamu bisa naik kereta dan turun di Stasiun Tawang atau Poncol, Semarang.
Dari stasiun, kamu bisa menuju Terminal Terboyo Semarang menggunakan angkutan umum. Untuk menuju ke Pasar Ngablak, Magelang, kamu bisa menggunakan bus jurusan Semarang-Solo dan turun di Pasar Sapi, Salatiga. Di Pasar Sapi, kamu bisa menggunakan minibus ukuran 3/4 jurusan Salatiga-Magelang dengan tarif Rp 10 ribu. Lantas, mintalah kondektur menurunkanmu di Pasar Ngablak.
Rute selanjutnya sama seperti dengan mereka yang berangkat dari Yogyakarta. Rute serupa berlaku bagi pendaki yang datang dari Pekalongan, Surabaya via Semarang.
  1. Dari Solo
Bagi pendaki yang datang dari Surabaya dan turun di Stasiun Purwosari, Solo, langsung cari bus jurusan Solo-Semarang. Tak perlu ke Terminal Tirtonadi, kamu bisa dating langusung ke Sub Terminal Kerten, Solo yang berjarak 800 meter dengan berjalan kaki selama 10 menit. Usai naik bus jurusan Solo-Semarang bertarif Rp 15 ribu, turunlah di Pasar Sapi, Salatiga.
Sama seperti mereka yang datang dari Semarang, selanjutnya bisa menggunakan minibus ukuran 3/4 jurusan Salatiga-Magelang dan turun di Pasar Ngablak.

Untuk mendaki gunung jangan lupa menjaga kesehatan dan stamina, agar dapat sampai kepuncak  gunung dengan selamat dan dapat menikmati keindahan Gunung yang eksotik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadi Primadona Honor 7S Laku Sekejap di Flash Sale Perdana

Putin Undang Kim Jong-un Kunjungi Rusia