Obyek Wisata Taman Nasional Kayan Mentarang Yang Menggoda





pojokwarta-Taman Nasional Kayan Mentarang ditetapkan menjadi taman nasional melalui Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor : 651/Kpts-II/1996 tanggal & Oktober 1996, karena taman ini memiliki luas sekitar 1 juta hektar dengan spesies mamalia berjumlah 96 jenis dan spesies burung berjumlah 200 jenis, dan ditambah lagi berbagai jenis flora endemic lainnya.
Taman Nasional Kayan Mentarang terletak di Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Malaysia.


Untuk menuju kawawan Taman Nasional , akan menjadi perjalanan wisata yang mengesankan, karena akses yang dilalui hanya melalui transportasi air dan udara. Perjalanan sungai kita dapat menemui jeram-jeram yang menantang dan arus yang deras, sedangkan melalui pesawat kecil kita dapat melihat hamparan hutan bak permadani hijau.

Obyek wisata alam seluas kurang lebih 1.360.500 hektar itu memiliki kurang lebih 96 jenis mamalia, 200 jenis burung (aves), dan berbagai jenis flora endemik.
Kawasan Taman Nasional ini selain kaya dengan keanekaragaman hayati juga menyimpan banyak potensi wisata yang sangat menantang. Potensi wisata alam yang dimiliki Kayan Mentarang lebih diutamakan bagi wisata petualang dan wisata ilmiah bagi mereka yang senang mencari pengetahuan dan melakukan penelitian.

Ada beberapa jenis potensi wisata alam yang dapat dilakukan antara lain : arung jeram, berkemah, pengamatan satwa, tracking, air terjun, tempat ditemukannya kuburan batu peninggalan sejarah, sumber garam gunung, dan lain-lain.

Para wisatawan yang berkunjung ke wisata Taman Nasional Kayan Mentarang tidak akan berhenti berdecak kagum . Pesona wisata alamnya bak gadis cantik yang menggoda mata setiap pria. Obyek wisata Kayan Mentarang sangat indah dan potensial untuk dikembangkan ke depan demi kemajuan Kaltim. Luas hutan yang masih perawan sekitar satu juta hektar ini yang harus kita pertahankan agar terjaga kelestarian lingkungannya.

 Untuk memasuki taman wisata ini, para pengunjung tidak ditarik biaya masuk, namun untuk menjaga agar taman tetap bersih dan terjaga kelestariannya. Pengunjung wajib tetap menjaga kebersihan selama berwisata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transportasi Menuju Gunung Andong Yang Ramah untuk Pendaki Pemula

Jadi Primadona Honor 7S Laku Sekejap di Flash Sale Perdana

Putin Undang Kim Jong-un Kunjungi Rusia