Jalur Pendakian Gunung Semeru Akan Kembali Dibuka Pada 4 April 2018, Berikut Imbauan dari TNBTS






pojokid-Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang paling mengasyikan terutama bagi mereka pecinta petualang alam. Karena mereka dapat menemukan banyak hal yang tidak bisa ditemukan diperkotaan. Namun kalian harus tahu bahwa tidak semua gunung diperbolehkan untuk dilakukan pendakian setiap harinya.
April adalah bulan yang dinanti para traveler, terutama pendaki gunung. Seperti biasanya setelah mengalami penutupan pada sejak awal tahun menjelang bulan april beberapa jalur pendakian gunung kembali dibuka. Salah satunya adalah Gunung Semeru, Jawa Timur. Gunung semeru adalah gunung tertinggi di pulau jawa.

Pembukaan jalur pendakian gunung tertinggi di Pulau Jawa itu diperkirakan pada tanggal 4 April 2018. Hal ini sudah menjadi keputusan melalui rapat di Warung Apung Pondok Asri, Kabupaten Lumajang, Kamis (29/3/2018).

Rapat tersebut dihadiri Kepala Balai Besar TNBTS beserta staf, Kapolsek Senduro, Danramil Senduro, Kodim 0821 Lumajang, Dinas Kesehatan Lumajang, Basarnas, PVMBG Gunung Sawur, BPBP Lumajang, Disparbud Lumajang, Puskesmas Senduro, Polres Lumajang, Danramil Pasrujambe, Kapolsek Pasrujambe, Camat Senduro dan Pasrujambe, Sahabat Volunteer Semeru, Kades Ranupani, serta Paguyuban Porter, Jeep, dan Parkir Ranupani.

Pembukaan kembali jalur pendakian tersebut tertuang dalam surat pengumuman Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), nomor PG.153/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2018. Hal ini dilakukan setelah dilakukan pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian yang bertujuan untuk mengembalikan keasrian dan menjaga ekosistem yang sempat terusak oleh para pendaki. Salah satunya adalah untuk bertujuan menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.

Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat mengatakan, cuaca dan iklim di sekitar TNBTS sudah cukup kondusif untuk aktivitas pendakian. "Juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Ranu Pane kembali. Setelah tiga bulan ditutup, Ranu Pane jadi 'kota mati'," tuturnya.
Mengenai masalah kuota pendakian, disepakati tetap berada pada angka 600 orang per hari dan dapat dilakukan pendaftaran via booking online di laman www.bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.
Anda bisa melakukan Booking online selama tiga bulan ke depan. Di web tersebut, pendaki dapat mengakses hal lain seperti misalkan tentang tata cara pendakian, tarif, kuota, larangan, serta sanksi.
Tertuang pula dalam surat keputusan pembukaan yang diunggah di akun Instagram, TNBTS juga memberikan dua imbauan penting pada pendaki. Yaitu, tidak melakukan pendakian hingga ke puncak Mahameru serta pendakian dibatasi hingga Kalimati.

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl dengan puncaknya yang disebut Mahameru. Untuk mendaki Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Malang dan Lumajang, pendaki bisa melalui jalur pendakian di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Lumajang.

Yuk, kita persiapkan semuanya mulai dari biaya, kesehatan, perlengkapan dan lainnya untuk melakukan pendakian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transportasi Menuju Gunung Andong Yang Ramah untuk Pendaki Pemula

Jadi Primadona Honor 7S Laku Sekejap di Flash Sale Perdana

Putin Undang Kim Jong-un Kunjungi Rusia