Belanja Murah di Kota Solo dari Batik Hingga Kuliner



siaranrakyat-Dikenal sebagai kota yang masih memegang budaya Jawa, Solo adalah Kota dibawah Propinsi jawa Tengah dengan jumlah penduduk 503.421 ,yang berada di daerah strategis secara geografis, karena berdiri diantara perbatasan Kabupaten karang anyar dan boyolali di sebelah utara, dan kabupaten Sukoharjo di sebelah selatan.
Berkunjung ke Solo, wisatawan dapat berburu berbagai macam oleh-oleh ataupun buah tangan. Dan tidak perlu khwatir tentang masalah pengeluaran yang besar karena kuliner di kota Solo tidak semahal kota-kota besar lainnya. Di kota ini wisatawanpun juga bisa berburu batik-batik murah langsung dari pembuatnya.

Berikut tempat belanja yang dapat menjadi refensi ketika berkunjung ke Solo.

1.Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan adalah salah satu pusat batik tertua dan terkenal di kota Solo setelah kampung batik Kauman. Dengan luas area 24,83 hektar dan berpenduduk sekitar kurang lebih 2500 orang , sebagian besar bekerja sebagai pedagang dan pembuat batik.
Tak hanya berjualan batik, Kampung Batik Laweyan juga menawarkan wisata workshop membuat batik. Jika anda tertarik membuat batik, anda dapat kursus membatik dalam waktu sekita 2 jam dan bisa membawa hasil karya anda sebagai kenang-kenangan. Selain itu juga ada pelatihan membatik secara insentif bagi yang ingin mendalami teknik pembuata batik tulis dan cap.
Selain memiliki sejarah sebagai kota batik tertua, gaya arsitektur kampung batik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Mempunyai bangungan dengan dinding tinggi dan gang-gang sempit menjadi karakter khas kampung batik ini. Bangunan rumah pedagang batik Laweyan banyak dipengaruhi oleh arsitektur Jawa, Eropa, Cina dan Islam. Bangunan mewah ini menjadi ciri kejayaan saudagar batik asli pribumi Laweyan pada masa itu dan dikenal dengan sebutan “Gal Gendhu”.

2. Pasar Klewer

Pasar Klewer adalah pasar tekstil terbesar di Kota Solo. Letaknya bersebelahan dengan Keraton Surakarta. Pasar ini dikenal juga sebagai salah satu pusat grosir batik terbesar di Indonesia . Sebelumnya, bangunan pasar yang terletak di jalan Dr. Rajiman sudah ada sejak tahun 1942, dan direskmikan oleh presiden RI kedua, Soeharto pada tahun 1971sebagai pusat perdaganan. Namun pada Desember 2014, pasar tersebut mengalami kebakaran hebat, sehingga sekarang dibangun ulang dan telah diresmikan oleh Presiden RI, Ir.Jokowi.
Jika anda pencinta produk batik, Pasar Klewer adalah pilihan yang tepat. Karena Pasar ini menyediakan berbagai produk tekstil khususnya batik dengan berbagai model dengan harga miring. Dari pakaian dewasa, anak hingga aksesories dan tas tersedia disini.

3.Pasar Malam Ngarsopuro

Bermalam di Kota Solo, tidak lengkap bila tidak mengunjungi salah satu wisata malam di Kota ini, yaitu Ngarsopuro Night Market atau Pasar Malam Ngarsopuro. Sesuai Namanya, pasar ini dibuka setiap malam, mulai selepas maghib sampai kira-kira tengah malam.
Ngarsopuro Night Market atau Pasar Malam Ngarsopuro digelar di sepanjang city walk kawasan Ngarsopuro atau depan Pura Mangkunegaraan di seanjang jalan Diponegoro.
Para pedagang menjajakan dagangan dengan tenda, kurang lebih 300-an tenda yang di dirikan disana. Barang dagangan yang ditawarkan juga beraneka ragam, dari berbagai jajanan tradisional, barang kerajinan, batik sampai cinderamata yang kebanyakan adalah barang-barang produksi lokal.

4.Pasar Gede

 Pasar Gede Di Solo juga dikenal dengan nama Pasar Gede Hardjonegoro merupakan salah satu pasar tertua di Solo. Dirancang oleh arsitek Belanda bernama Thomas Karsten. Pasar ini dibangun pada tahun 1927 dan selesai pada tahun 1930. Dikenal dengan nama Pasar Gede karena pasar ini mempunyai gerbang yang besar dan bangunan dengan atap yang tinggi.
Sama seperti pasar tradisional di kawasan Jawa Tengah umumnya, pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Namun dipasar ini terkenal juga dengan aneka kuliner yang ditawarkan, karena itu wisatawan domestik dan mancanegara tidak akan melewatkan mengunjunig pasar yang mempunyai banyak sejarah ini ketika berkunjung ke Kota Solo.

5. Pasar Grosir Solo (PGS)

Pusat Grosir Solo merupakan pusat perbelanjaan (trade center) yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan baik untuk pedagang maupun kepada para pengunjungnya. Pusat Perbelanjaan ini melayani kebutuhan fashion bagi pembeli dalam jumlah grosir maupun eceran.
Pusat Grosir Solo ini menjadi tujuan utama wisatawan ketika mencari oleh-oleh karena letaknya yang strategis di Pusat Kota, terletak di kawasan Gladak. Dimana merupakan pusat pariwisata di Kota Solo yang dekat dengan Objek wisata seperti Keraton Kasunan Surakarta maupun Kraton Mangkunegara.

Selain itu, Pusat Grosir Solo juga menjadi pemberhentian bagi wisata sarana transportasi khas kota Solo seperti Kereta Api Uap jaladara, Bus Tingkat Werkudara dan Kereta Kencana. Karena itu membuat Pusat Grosir Solo selalu ramai dengan pengunjung, baik wisata domestik maupun manca Negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transportasi Menuju Gunung Andong Yang Ramah untuk Pendaki Pemula

Jadi Primadona Honor 7S Laku Sekejap di Flash Sale Perdana

Putin Undang Kim Jong-un Kunjungi Rusia